Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Natuna Hendra Kusuma, S.H.,M.Si. menjadi Narasumber pada kegiatan Sosialisasi Akreditasi yang di selenggarakan oleh BAN-PDM.

BAN PDM, atau Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah, adalah lembaga yang bertugas untuk menilai dan memberikan pengakuan terhadap kualitas pendidikan di Indonesia pada jenjang pendidikan dasar dan menengah. Lembaga ini juga berperan dalam akreditasi lembaga-lembaga PAUD, yakni program pendidikan untuk anak sebelum memasuki jenjang pendidikan dasar formal seperti SD.

Pada tahun 2024, akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Indonesia telah mengalami perkembangan signifikan dengan terintegrasinya Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal (BAN PAUD PNF) dengan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN SM) menjadi satu lembaga otonom yang diberi nama Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Dasar dan Menengah (BAN PDM) sebagaimana diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 38 Tahun 2023 tentang Akreditasi Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, Dan Pendidikan Menengah.

Di Indonesia, PAUD merupakan bagian krusial dari sistem pendidikan karena bersinggungan langsung dengan pengembangan potensi anak pada tahun-tahun pertama kehidupannya. BAN PDM menjalankan tugasnya dalam memberikan akreditasi kepada lembaga PAUD (TK/RA/KB/TPA/SPS) berdasarkan sejumlah standar dan kriteria yang harus dipenuhi, seperti kualitas kurikulum, kompetensi pendidik, lingkungan belajar yang kondusif, serta manajemen lembaga yang efektif dan efisien.

BAN PDM melakukan akreditasi melalui proses yang sistematis yang dimulai dari pengajuan aplikasi oleh lembaga PAUD, evaluasi dokumen, penilaian mandiri, kunjungan lapangan oleh asesor, penilaian akhir, hingga penerbitan sertifikat akreditasi. Akreditasi ini bukan hanya sebatas penilaian formal belaka, tapi juga sebagai tolak ukur kualitas yang dapat membantu lembaga PAUD dalam melakukan peningkatan mutu secara berkelanjutan.

Sehingga, kaitan BAN PDM dengan PAUD sangat penting karena lembaga ini memberikan garansi kepada masyarakat bahwa lembaga PAUD yang terakreditasi telah memenuhi standar kualitas pendidikan yang ditetapkan oleh pemerintah Indonesia. Ini juga memberi arah bagi lembaga PAUD untuk terus-menerus memperbaiki dan meningkatkan layanannya sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Mekanisme akreditasi oleh BAN PDM ini menekankan pentingnya kualitas pendidikan di PAUD sebagai fondasi awal dari proses pembelajaran selanjutnya. Dengan adanya standar akreditasi yang jelas dan transparan, diharapkan lembaga PAUD di Indonesia dapat terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikan sehingga generasi muda Indonesia memiliki dasar yang kuat untuk masa depannya.

Kepala Dinas pendidikan dan Kebudayaan Natuna Menyampaikan dalam sambutannya menyambut baik acara sosialisasi akreditasi yang di selenggarakan BAN-PDM, beliau mendukukung secara langsung acara tersebut semoga dengan kehadiran belia semoga proses akreditasi berjalan lancar sebagai mana yang kita inginkan bersama.

(Disdikbud/I&M)